Sambut genggam gempita nyalakan api cita-cita…..

Di atas adalah salah satu ungkapan untuk mengelorakan kembali hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 72. Bukan hal yang biasa jika banyak cara untuk memeriahkan acara kemerdekaan Republik tercinta ini. SMK 17 Parakan atau yang memiliki julukan SMK “JITU” (Siji Pitu) menjadi salah satunya yang menyelenggarakan gelaran akbar dalam menyambut HUT RI ke 72. Salah satu yang menarik dan menjadi perhatian adalah lomba panjat pinang yang di adakan di tengah lapangan sekolah dan di ikuti oleh siswa siswa yang ada di SMK 17 Parakan. Mungkin hal ini jarang sekali dilakukan di sekolah, karna biasanya hanya di desa/dusun sajalah yang menyelenggarakan panjat pinang. Tentu hal ini menjadi sangat menarik karna budaya bangsa dari dahulu bisa diterapkan langsung di sekolah sebagai wujud penanaman nilai nilai nasionalisme Indonesia.

Kepala sekolah SMK 17 Parakan yang akrab di panggil Pak Pambudi mengungkpkan “panjat pinang ini menjadi kekhasan sendiri bagi bangsa Indonesia, nilai nilai gotong royong, kerja sama dan saling membantu menjadi tonggak agar siswa dapat memahami kembali nilai nilai persatuan Indonesia yang sudah ada sejak dahulu”. Dari sini tentu bukan tidak ada alasan jika SMK 17 Parakan menyelenggarakan Panjat Pinang. Tak beda dengan Pak Pam, salah satu kordinator acara lomba mengatakan “selain memeriahkan HUT RI ke 72, acara ini juga untuk menjaga solidaritas dan kebersamaan antara siswa siswi SMK 17 Parakan” Ujar siswa yang biasa dipanggil Yesy.

Selain acara panjat pinang, juga ada lomba masak “Nasi Goreng Nusantara”, game Kecil dan masih banyak lagi lomba lainya. Tak lupa pula acara ini juga berkolaborasi dengan mahasiswa Universitas Negeri Semarang dan mahasiswa Institut Seni Indonesia yang memiliki harapan acara ini dapat mengingatkan kembali perjuangan bangsa melalui nilai nilai gotong royong, kerjasama, dan saling melindungi satu sama lain.

Untuk menutup tulisan ini, penulis mengungkapkan bahwa landasan perjuangan adalah hati nurani yang menyala, dan dasar semangat adalah perasaan yang menggelora dan peracayalah dari kebersamaan, akan tercipta suatu kekeluargaan, untuk SMK JITU Parakan, Pasti Bisa!!!

Ditulis oleh Nurfhatulloh, Mahasiswa Praktikan UNNES

Video : Mas Pesek dan Mas Evan

LEAVE A REPLY